Kodim 0625/Pangandaran Diresmikan dan Siap Dukung Pelaksanaan Tugas TNI AD

 

PORTALBELANEGARA.COM || Pangandaran – Kasdam III/Slw Brigjen TNI Widjanarko mewakili Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengikuti acara pembekuan, peresmian dan alih kodal satuan jajaran TNI Angkatan Darat melalui Video Conference (Vikon) bertempat di Makodim 0625/Pangandaran Korem 062/Tn Jl. Raya Cigugur Parigi Kabupaten Pangandaran, Selasa (22/11/2022).

Acara pembekuan, peresmian dan alih kodal satuan jajaran TNI Angkatan Darat dipimpin Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., mewakili Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman melalui Vicon dari Ruang Vicon Puskodalad, Mabesad Jakarta.

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw di sela aktivitasnya mendampingi Pangdam III/Slw melakukan pengecekan kesiapan kunjungan kerja Wapres RI ke wilayah Korem 062/Tn Garut, Rabu (23/11/2022).

Kedatangan Kasdam III/Slw disambut Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna,S. Sos., S.I.P.,M.M, Dandim 0625/Pangandaran Letnan Kolonel Arm Yusuf Andriyanto, S.E., para Dandim Jajaran Korem 062/Tn dan Forkopimda Kab. Pangandaran disertai tari tradisi adat Sunda, pengalungan sal dan penyerahan bunga tangan.

Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dalam amanatnya yang dibacakan Wakasad menyampaikan ucapan selamat atas penataan dan peresmian Satuan-Satuan baru dan satuan yang alih kodal TNI Angkatan Darat.

“Acara ini merupakan bagian dari upaya penataan organisasi TNI Angkatan Darat agar semakin adaptif, efektif dan efisien, sehingga diharapkan mampu menghasilkan Satuan-Satuan yang lebih handal dan profesional,” jelas Kasad.

Sementara itu penataan dan peresmian satuan yang dilaksanakan terdiri dari 2 Satuan Kostrad, yaitu Brigif 14/Mandala Yudha Divisi 1 Kostrad dan Yonif 318/Adirajasa Yudha Brigif 14/Mandala Yudha Kostrad, sebagai tindak lanjut pembekuan Mandala Yudha Kostrad.

Kemudian dilaksanakan juga alih kodal dari Kodam III/Slw ke Kesatuan Kostrad yaitu Yonif 320/Badak Putih menjadi Yonif Mekanis 320/Badak Putih Kostrad. Sedangkan di wilayah Kodam 1/Bukit Barisan diresmikan Satuan Resimen Arhanud Sisingamangaraja Kodam 1/Bukit Barisan.

Selanjutnya ada 7 satuan Kodim baru juga diresmikan tersebar di wilayah 5 Kodam antara lain, Kodim 0625/Pangandaran di wilayah Kodam III/Slw, Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo dan Kodim 1316/Kabupaten Walemo di wilayah Kodam XIII/Merdeka, Kodim 1430/Konawe Utara di wilayah Kodam XIV/Hasanudin, Kodim 1513/Seran bagian barat dan Kodim 1514/Morotai di wilayah Kodam XVI/Patimura, serta Kodim 1812/Pegunungan Fakfak di wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

“Penataan dan pembentukan satuan ini merupakan upaya TNI AD dalam memenuhi pembangunan kekuatan pokok minimum yang dilaksanakan atas dasar konsep pertahanan berbasis kemampuan sesuai kebijakan strategi TNI Angkatan Darat 2010-2029, penataan dan pembentukan satuan ini nantinya diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung setiap pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Darat,” pungkas Kasad.

Selesai vicon dilanjutkan acara ramah tamah peresmian Kodim 0625/Pangandaran diawali sambutan Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, Mantan Menteri kelautan dan perikanan Ibu Susi Pudjiastuti, serta Kasdam III/Slw Brigjen TNI Widjanarko.

Peresmian Kodim 0625/Pangandaran ditandai dengan penekanan tombol serine dan pengguntingan pita oleh Kasdam III/Slw.

Dalam kesempatan itu Kasdam III/Slw Brigjen TNI Widjanarko mewakili Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P dan rombongan menyerahkan Bansos dan Bios 44 DC kepada para petani Cintakarya. (Pendam III/Siliwangi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!