TMMD Ke-110, Kodim 0607 Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Warga

PORTALBELANEGARA.COM, Sukabumi – Wawasan Kebangsaan untuk menumbuh kembangkan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan Bangsa. Melalui penyuluhan di Aula Madrasah Diniyah takmiliyah awaliah Al-Adyan Kampung Kebon Panjang RT 37/15 Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Selasa (16/03/2021).

Pemateri disampaikan oleh Danramil 0710/Nagrak Kapten CBA Uus Sugiatna, penyuluhan wawasan kebangsaan ini untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran demi kesatuan dan persatuan di tengah masyarakat berdasarkan Pancasila.

“Wawasan kebangsaan dan bela negara yang dianut keagamaan tersebut dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat sebagai contoh soal kebersamaan dan kekompakan dalam program TMMD ke 110,” tuturnya.

Lanjutnya, salah satu contoh, pembangunan jembatan sebagai penghubung antara desa akan semakin mempererat hubungan antar warga serta meningkatkan kondisi ekonomi yang lebih baik.

“Hal tersebut berdampak positif terhadap peningkatan kesehatan masyarakat desa yang dimaksudkan untuk memegang komitmen persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

“Pada hari ini kita bersama-sama meningkatkan pengetahuan dan kesadaran yang tinggi. Kapten Uus Sugiatna menyampaikan Nilai-nilai Universal dalam Pancasila adalah, nilai-nilai luhur ini mengkristal dalam Rumusan Pancasila sebagai perwujudan filsafat kemanusiaan yang mencerminkan hubungan manusia dengan Tuhan. Manusia dengan Manusia, dan Manusia dengan lingkungan alam tempat hidup,” pungkasnya.

Rumusan Pancasila merupakan suatu Pandangan Hidup yang diyakini bangsa Indonesia sebagai suatu Kebenaran yang dijadikan sebagai Filsafat Hidup Bangsa.

Kebenaran Pancasila yang didasarkan kepada filsafat kemanusiaan dalam hubunganya dengan Tuhan dengan Manusia lainya dan dengan alam ruang hidup, telah menempatkan Pancasila diakui diantara idiologi – idiologi besar dunia dan era globalisasi sebagai idiologi terbuka yang bersifat universal.

Sesuai TAP MPR no XVII/MPR 1998 telah menegaskan Pancasila adalah Dasar Negara, maka Pancasila adalah landasan IDIIL & Pandangan Hidup Pancasila mengandung nilai-nilai lestari dan Universal yang wajib diutamakan didahulukan dalam rangka membangun seluruh sendi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara termasuk untuk menyelesaikan, mengakhiri dan harus dapat merubah konflik menjadi kerjasama.

Pancasila sebagai landasan idiologi dan the way of life. Pandangan hidup mengandung nilai-nilai lestari dan universal yang harus diutamakan, didahulukan dalam bertindak, berprilaku termasuk dalam mencegah menyelesaikan dan mengakhiri permasalahan perselisihan, sengketa, konflik.

“Nilai-nilai tersebut terkandung dalam Sila Keempat. Pancasila yang mengedepankan keutamaan musyawarah untuk mufakat berdasarkan asas kekeluargaan,” tambahnya. (Pendim 0607)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!