Kelompok 62 KKN-T UMMI Mengadakan Kegiatan 105 Bibit Tanaman Untuk Sindangsari

PORTALBELANEGARA.COM, Sukabumi – Program 105 Bibit Tanaman Untuk Sindangsari merupakan kegiatan penanaman benih tanaman bersama-sama sambil menyisipkan sosialisasi antisipasi hoax seputar pertanian. Makna dari 105 disini ialah jumlah capaian target program ini di tiga RW terpilih. Kegiatan ini untuk mengingatkan kembali semangat bertani, khususnya skala rumah tangga guna membantu visi Kementan yang berkaitan dengan ketahanan pangan.

Kegiatan ini bertujuan memanfaatkan lahan sempit dengan menggunakan polybag, namun bisa juga mengganti dengan memanfaatkan sampah plastik seperti air minum kemasan gelas, botol, dsb. Selain itu, tujuannya untuk mengantisipasi hoax seputar sektor pertanian. Mengingat di era digitalisasi sekarang ini tentunya banyak media-media yang memberikan informasi seputar pertanian, namun masih harus dipertimbangkan faktanya. Seperti sumber, penulis, nama media, dsb. Karena tidak sedikit media yang masih belum memiliki legalitas dari pemerintah terkait.

Dikatakan Iwan Gunawan perwakilan Mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN-T UMMI kepada Portal Bela Negara, “Setelah kami melakukan sosialisasi program dan survei ke setiap ke-RW-an di kelurahan Sindangsari. Kami mendapatkan hasil yang mana hasilnya itu kami memutuskan berdasarkan pertimbangan data dan internal bahwa dipilih 3 dari 6 RW di kelurahan Sindangsari ini untuk diaplikasikannya program kerja 105 Bibit Tanaman Untuk Sindangsari ini, yakni RW 01, RW 04, dan RW 05,” katanya.

Kegiatan di lokasi RW 01 bertempat di RT 03, berlangsung pada hari Rabu, 04 Agustus 2021 dengan dihadiri oleh pihak kelurahan, para tokoh masyarakat, dan beberapa warga. Di RW 01 kami memutuskan benih terong ungu untuk ditanam di wilayah RW 01.

Kegiatan di lokasi RW 01 bertempat di RT 03, berlangsung pada hari Rabu, 04 Agustus 2021 dengan dihadiri oleh pihak kelurahan, para tokoh masyarakat, dan beberapa warga. Di RW 01 kami memutuskan benih terong ungu untuk ditanam di wilayah RW 01.

Kegiatan di lokasi RW 04 bertempat di RT 03, berlangsung pada hari Kamis, 05 Agustus 2021 dengan dihadiri oleh pihak kelurahan, para tokoh masyarakat, kelompok tani, dan beberapa warga. Di RW 04 kami memutuskan benih cabai rawit untuk ditanam di wilayah RW 04.

Kegiatan di lokasi RW 05 bertempat di RT 03, berlangsung pada hari Senin, 09 Agustus 2021 dengan dihadiri oleh pihak kelurahan, tokoh masyarakat, kelompok tani, dan beberapa warga. Di RW 05 kami memutuskan benih caisim untuk ditanam di wilayah RW 05. Penentuan benih diatas berdasarkan pertimbangan hasil survei ke setiap RW dan situasi juga kondisi.

“Kegiatan “105 Bibit Tanaman Untuk Sindangsari” ini dilaksanakan dimulai dari pembukaan hingga penyerahan bibit tanaman secara simbolis kepada setiap ketua RW 01,04 dan 05 setelah itu langsung ke kegiatan menanam bibit tanaman di polybag yang telah disediakan dari awal pengisian tanah yang sudah diolah dengan pupuk ke polybag hingga proses penyiraman,” sambungnya.

Masih menurutnya, pencapaian dari program 105 bibit tanaman untuk Sindangsari ini ditinjau dari tumbuh kembangnya tanaman di tiap RW terkait, dalam kurun waktu kurang lebih satu minggu kedepan kami melakukan peninjauan terkait tumbuh kembangnya tanaman. Dari hasil peninjauan tersebut terlihat tanaman yang disemai tumbuh dan memenuhi capaian target program yakni kurang lebih mencapai 35 potensi bibit.

“Keberhasilan pada program 105 bibit tanaman untuk Sindangsari ini dapat dilihat dari tumbuhnya tanaman dan mencapai target di tiap RW-nya. Dan juga warga sedikit banyaknya mengetahui akan pentingnya memastikan fakta dari berita khususnya seputar pertanian, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada proses bertani,” pungkas Iwan. (Aji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!