Kader Bela Negara Kemhan RI (FKBN-DIY) sebagai Narasumber dalam kegiatan Training of Trainer FORANZA dengan Tema Narkoba Menjerat Remaja

PORTALBELANEGARA.COM, Yogyakarta – Foranza sebagai Forum Anti Napza SMA N 4 Yogyakarta mengadakan kegiatan Training of Trainer (TOT) dengan mengambil tema “Narkoba Menjerat Remaja” menggandeng Badan Koordinator Daerah FKBN Kulon Progo saudara Setiono, S.Th.I., Cht., MA., Kader Pembina Madya BN.Tk.II sebagai Narasumber.

Kegiatan ini di ikuti oleh rekan-rekan pelajar SMA/SMK/MA yang tergabung dalam satgas anti narkoba di sekolahnya dan beberapa perwakilan dari daerah lain seperti Tangerang, Jakarta dan Madura yang diikuti secara virtual. Sabtu, 3 April 2021.

Dalam pembukaan kegiatan Training of Trainer Ketua Umum Foranza Muhammad Adha menyampaikan bahwa kegiatan TOT dengan mengambil tema Narkoba Menjerat Remaja ini menjadi hal penting yang perlu kita ketahui dan nantinya kita bisa mengambil ilmu dari kegiatan ini.

Kemudian ketua panitia Cathleya Bunga Cinta menambahkan bahwa kegiatan ini sangat penting khususnya bagi kita sekolah-sekolah yang memiliki tim satgas anti narkoba.

Setiono, S.Th.I., Cht., MA selaku narasumber dan profesinya sebagai Konselor Adiksi Napza sekaligus anggota Kader Bela Negara Kemhan RI menyampaikan bahwa Narkoba hingga hari ini masih menjadi momok dan benalu yang sangat mengkhawatirkan dan berbahaya.

“Tidak hanya orang dewasa saja sebagai sasarannya, namun saat ini sasarannya pada generasi muda kita khususnya pelajar. Maka perlu ada tindakan-tindakan nyata dan preventif untuk mencegah dan membentengi para generasi muda kita supaya tidak terjerumus kepada penyalahgunaan narkoba. Setiono juga menambahkan bahwa Tingkat prevelensi penyalahgunaan narkoba di DIY tahun 2016 masuk tingkat teratas,” paparnya.

“Namun pada tahun 2020 DIY masuk tingkat 5 nasional, artinya ada penurunan. Namun meski ada penurunan kita harus tetap membekali para generasi muda kita dengan ilmu dan mental yang kuat dengan membentuk satgas anti narkoba dan konselor di masing-masing sekolah sebagai upaya pencegahan dan mereka harus diberikan pelatihan dan pendidikan. Karena generasi muda secara psikologis masih labil dan mudah dipengaruhi. Maka peran keluarga, sekolah, lingkungan sangat penting dalam ikut serta dalam melakukan kontrol sosial,” sambungnya.

Di akhir kegiatan Setiono juga menambahkan tentang pentingnya Bela Negara sekaligus mengenalkan tentang Bela Negara, karena masih banyak pelajar yang belum tahu tentang Bela Negara. Setiono juga menyampaikan bahwa kegiatan satgas anti narkoba juga merupakan bentuk dari Bela Negara.

STOP NARKOBA!!!
SALAM BELA NEGARA

2 thoughts on “Kader Bela Negara Kemhan RI (FKBN-DIY) sebagai Narasumber dalam kegiatan Training of Trainer FORANZA dengan Tema Narkoba Menjerat Remaja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!