Disdikpora Cianjur Gelar Bimtek, Upaya Tingkatkan Kemampuan Para Kepala Sekolah

PORTAL BELA NEGARA, Cianjur – Disdikpora Kabupaten Cianjur menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Managemen Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini berkualitas untuk Kepala Sekolah, di laksanakan di Hotel Signature Mandala Kencana, Jalan Raya Ciherang No. 7 Cipendawa, Pacet Cianjur, Jabar.

Pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Managemen Kelembagaan PAUD Berkualitas untuk Kepala Sekolah tersebut, di buka Kadispora Kabupaten Cianjur Ruhli Solehudin,S.Ag pada Senin 23 September 2024 yang di wakili oleh Sekdis Ira Soraya, SE., M.Si., didampingi Kabid Paud dan Dikmas Jajang Sutisna, M.Pd., Kasi PAUD Eri R. Hudaya, M.Pd dan PLT Kasubag Kepegawaian Disdikpora Cianjur Octria Rahmayani, S.Pd., di ikuti sebanyak 75 peserta.

Untuk kegiatan Bimtek di laksanakan selama tiga hari, dimulai pada Senin 23 hingga Rabu 25 September 2024.

Pada acara tersebut pun, Kabid PAUD dan Dikmas Jajang Surisna, M.Pd, menyampaikan, 4 komponen yang harus dimiliki Lembaga PAUD yang menyenangkan diantaranya, lembaga harus memiliki kualitas proses pembelajaran yang baik, memiliki kebermaknaan, keberagaman cara, tematik dan sesuai karakter anak, memiliki tata kelola SDM yang baik, dan lembaga dapat memantau dan mendukung terpenuhinya kebutuhan esensial anak. Yaitu, bermain, pengasuhan, pemenuhan makanan bergizi dan pemantauan tumbuh kembang anak.

Jajang pun berjanji, bahwa dirinya akan melakukan visitasi pada lembaga yang akan mengajukan perpanjangan izin operasional. Karena menurutnya, perpanjangan Izin operasional adalah data tenaga pendidik, data siswa, dokumen kelengkapan sekolah, dan data sarana prasarana serta proses pembelajaran.

Sementara dalam setiap materi yang telah diberikan oleh pemateri, peserta bimtek diwajibkan mengerjakan tugas dan melakukan pemaparan di hadapan pemateri secara bergantian. Seperti halnya yang di lakukan oleh salah satu peserta dari TK Nirwana Cendikia, Evi Susanti, ia (Evi) sebagai peserta melakukan paparan materi “Strategi efektif dalam merancang perencanaan pembelajaran”.

Dalam kesempatan itu, pemateri langsung memberikan koreksi kepada peserta untuk memperbaiki yang masih kurang tepat dan menambahkan poin-poin yang perlu di tambahkan setelah pemaparan dari peserta.

Sebelum penutupan, Kasi PAUD, Eri R Hudaya, M.Pd, mengevaluasi secara keseluruhan semua materi yang telah disampaikan, termasuk keharusan pada setiap lembaga yang ada.

Di akhir Eri berpesan. “Semua lembaga untuk melaksanakan apa yang telah disampaikan, dan setiap lembaga harus mandiri, memiliki operator sendiri, dan mengembangkan lembaganya menjadi lembaga yang lebih baik lagi,” pesannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!