Masih Ada Lembaga Keuangan yang Peduli dengan Masyarakat Sukabumi

PORTALBELANEGARA.COM, Sukabumi-Dengan semakin banyaknya masyarakat yang terjerat hutang, karena semua lembaga berlomba lomba hanya untuk memberikan pinjaman sesuai target yang diberikan atasannya tanpa memperhitungkan usaha serta penghasilan dari masyarakat yang diberikannya. Sehingga masyarakat terjerumus menjadi banyak hutang disana sini untuk sesuatu yang konsumtif dan tidak menghasilkan dan ujung-ujungnya juga terdampak ke lembaga keuangan yang dari dulu memang sudah menjalankan secara benar.

kebetulan sedang makan siang di Sono Coffee Kadudampit Cisaat, Portalbelanegara.com melihat sosok Om Joe (Johanes Hermawan) yang tidak asing lagi dan pernah diwawancara sehubungan dengan Pencetus Syariah Murni yang dilakukan oleh Koperasi BMB Bangkit Mandiri Barokah yang dikembangkan dari gagasan MUI Kota Sukabumi untuk membangun masyarakat yang lebih baik dan menghilangkan Riba di Kota Sukabumi Berbincang dengan Om Joe yang asyik, Jum’at (22/09/2023).

Saat ini Om Joe adalah salah satu pengurus di DMB ( Dana Mandiri Bogor ) dan saat ini sedang meeting dengan teamnya sekitar 34 Unit Manager yang tersebar di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

DMB adalah BPR Dana Mandiri Bogor yang Kantor Pusat di Ciawi Bogor saat ini sudah mempunyai Cabang di 4 lokasi (Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Tangerang Selatan)
Keberadaan DMB di Sukabumi sudah ada sebelum Covid melanda dan Belum banyaknya lembaga – lembaga yang sembarangan memberikan pinjaman sehingga menjadi Macet dan banyak Hutang.

Tujuan Om Joe bersama teamnya bertemu untuk membahas cara mengembalikan Pengetahuan Masyarakat untuk menggunakan Pinjaman secara bijak sesuai kebutuhan bukan hanya keinginan semata. Jadi jika saat ini sudah macet dibanyak tempat, pastikan masyarakat terbuka pikirannya untuk mulai lagi melakukan usaha. dimulai dari yang kecil dan mampu dilakukannya, sehingga pelan pelan perekonomiannya menjadi lebih baik lagi sesuai misinya DMB memberikan pinjaman hanya untuk yang Niat dan mau mengembangkan Usaha, pungkas Omjo.

Harapan kedepan, Semoga misinya DMB tercapai berkat om joe yang banyak pengalaman dan InsyaAllah Masyarakat Sukabumi terbuka pikirannya sehingga hidupnya menjadi lebih baik berkat dimulainya Usaha yang Produktif.

Disela Acara meeting berlangsung Kepala Cabang DMB Nana Arisma menyampaikan ke Awak Media, kita dibagian pembiayaan khusus untuk Mikro yang menjadi kendala di lapangan saat ini adalah adanya gangguan pihak ke tiga dari LSM yang selama ini ada swiping dari beberapa LSM yang menawarkan langsung ke Nasabah jadi mulut ke mulut akhirnya beberapa nasabah kami terganggu sama adanya LSM ini.

Yang menjadi terganggunya kami dari pihak perusahaan adalah menganggap misalnya kalau nasabah sudah di Backup oleh LSM tersebut dianggap sudah selesai dengan pihak DMB, padahal niat baik kita dari perusaan ketemu dengan Nasabah adalah ingin membangun usahanya agar lebih baik dan lebih berkembang usahanya.

Di DMB juga ada program untuk nasabah yang sulit untuk membayar, dengan cara restruktur kredit yaitu meringankan debitur tidak mampu membayar seperti biasanya sebenarnya nasabah ga perlu lapor ke LSM, dari pihak kita bisa ngobrol bareng dengan adanya program itu.

Lanjut Nana, Dengan memberdayakan Wanita ( ibu – ibu ) yang pendapatannya hanya dari suami aja kita kasih pembiayaan agar si ibu tersebut bisa menambah penghasilan dan dari sisi Ekonominya lebih baik lagi.

Harapan kami dari DMB adalah bisa lebih banyak lagi membantu masyarakat, Nasabah lebih banyak lagi tentunya banyak masyarakat yang di bantu oleh DMB yang tadinya belum usaha menjadi punya usaha. Intinya Tujuan kita baik akhirnya nasabah di bantu dengan niat baik juga. (Adi PU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!