Dandim Bacakan Amanat Panglima TNI Pada Upacara 17an Bulan Oktober 2024

PORTAL BELA NEGARA, Sukabumi – Upacara 17an bulan Oktober 2024 diadakan di Lapangan Makodim 0607/Kota Sukabumi di jalan R A. Kosasih, Ngaweng, Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Kamis (17/10/2024).

Komandan Kodim 0607/ Kota Sukabumi Letkol Inf. Yudhi Hariyanto,S.Hub.Int. dalam Amanatnya membacakan Amanat Panglima TNI.

“Kita telah melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia Tahun 2024 dengan tertib, lancar, dan spektakuler di semua wilayah. Puncak peringatan Hari Ulang Tahun TNI kali ini dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2024 di kawasan Monumen Nasional Jakarta, yang dihadiri oleh ratusan ribu warga masyarakat.

Kehadiran masyarakat secara sukarela pada acara tersebut membuktikan kuatnya hubungan historis dan emosional antara TNI dengan rakyat. Karena rakyat adalah ibu kandung TNI, dan jati diri TNI sebagai
Tentara Rakyat tidak akan pernah berubah.
Untuk itu, pada kesempatan ini Saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel, yang terlibat pada peringatan HUT ke-79 TNI.

Para peserta upacara yang saya banggakan,
Dalam waktu dekat, kita akan memiliki dua
agenda politik nasional yang sangat menentukan kewibawaan pemerintah dan keberlanjutan pembangunan.

Pertama, pada tanggal 20 Oktober ini akan
dilaksanakan suksesi kepemimpinan nasional, berupa Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih. TNI bersama Polri serta semua komponen masyarakat berkomitmen untuk mengamankan jalannya pelantikan tersebut dengan menjaga stabilitas serta memastikan proses transisi pemerintahan berjalan dengan tertib dan lancar.

Kedua, pada bulan November akan
dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Serentak di 37 Provinsi dan 508 Kabupaten/Kota. Saya ingatkan kembali bahwa TNI harus netral. Komitmen Netralitas TNI merupakan wujud nyata bahwa TNI tidak ingin terlibat politik praktis.

Namun demikian, tugas TNI dalam Pilkada
Serentak harus kalian mengerti dan pahami, yaitu membantu Pemerintah dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak dan membantu Polri dalam pengamanan setiap tahapannya.

Kemudian dalam rangka menindaklanjuti
adanya informasi dan perkembangan situasi di beberapa daerah yang berpotensi memiliki kerawanan menjelang Pilkada Serentak, Saya ingatkan agar selalu melakukan pemetaan potensi kerawanan di wilayah masing-masing. Lakukan mitigasi atas potensi ancaman kerawanan tersebut, jalin komunikasi dengan semua tokoh masyarakat, perkuat sinergitas TNI-Polri dan instansi/organisasi Lainnya, serta susun rencana kontijensi pengamanan logistik Pilkada dihadapkan pada potensi bencana alam. Saya yakin dan percaya, dengan upaya-upaya tersebut, TNI dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Namun demikian, tugas TNI dalam Pilkada
Serentak harus kalian mengerti dan pahami, yaitu membantu Pemerintah dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak dan membantu Polri dalam pengamanan setiap tahapannya. Kemudian dalam rangka menindaklanjuti adanya informasi dan perkembangan situasi di beberapa daerah yang berpotensi memiliki kerawanan menjelang Pilkada Serentak.

Saya ingatkan agar selalu melakukan pemetaan potensi kerawanan di wilayah masing-masing. Lakukan mitigasi atas potensi ancaman kerawanan tersebut,
jalin komunikasi dengan semua tokoh masyarakat, perkuat sinergitas TNI-Polri dan instansi/organisasi lainnya, serta susun rencana kontijensi pengamanan logistik Pilkada dihadapkan pada potensi bencana
alam.

Saya yakin dan percaya, dengan upaya-upaya tersebut, TNI dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan Baik,” pungkasnya.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan
lindungan-Nya kepada kita sekalian dalam
melaksanakan pengabdian kepada bangsa dan negara yang kita cintai bersama. Sekian dan terima kasih, Selamat bekerja dan bertugas. (Pendim 0607)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!