Bakorwil FKBN DIY Berikan Materi Bela Negara Kepada Mahasiswa AKRB Yogyakarta

PORTAL BELA NEGARA, Yogyakarta -Badan Koordinator Wilayah Forum Kader Bela Negara Daerah Istimewa Yogyakarta kembali di undang untuk menjadi narasumber dengan judul Implementasi Bela Negara dalam Dunia Broadcasting pada kegiatan Orientasi Pengenalan Internal dan Eksternal Kampus kepada Mahasiswa Baru di Akademi Radya Binatama Yogyakarta (AKRB) pada Kamis, 26/09/2024.

FKBN DIY sebagai wadah Kader Bela Negara sekaligus sebagai wadah untuk pembinaan kesadaran bela negara bagi generasi muda Indonesia terus melakukan pengamalan nilai-nilai bela negara diantaranya kepada mahasiswa broadcating kampus AKRB Yogyakarta.

Setiono sebagai Kepala Sub. Bagian P4GN Bakorwil FKBN DIY dan sebagai narasumber dalam giat OPIEK tersebut menyampaikan bahwa mahasiswa broadcating memiliki peran penting dalam pengamalan nilai-nilai bela negara baik di kampus, kehidupan masyarakat dan lebih khusus di media massa. Sebab dunia broadcasting memiliki peran yang sangat strategis dalam dunia penyiaran. Maka sangat tepat jika mahasiswa broadcasting ikut andil dalam bela negara melalui berbagai kegiatan yang positif seperti membuat konten-konten, menulis artikel maupun jurnal yang menarik dengan berisikan nilai-nilai bela negara.

Setiono juga menegaskan bahwa seorang mahasiswa broadcasting atau broadcaster itu memiliki peran yang sangat signifikan artinya mahasiswa harus berpikir kritis, mahasiswa harus inovatif dan kreatif, mahasiswa harus memilik sikap volunteer yang tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta memiliki motivasi yang tinggi untuk berprestasi di tingkat nasional maupun dikancah internasional. Namun yang terpenting mahasiswa harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan sikap yang bijak dalam berbagai hal. Sehingga pengamalan dari 5 nilai dasar bela negara baik itu Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Yakin Pancasila Sebagai Ideologi Negara, Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara serta Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara dapat terwujud secara sistematis dan pemaknaan yang mendalam. Tidak sekedar pemaknaan secara fisik, melainkan secara penghayatan.

Asep Susilo AS selaku Koordinator Kader Bela Negara Kemhan RI Satker Bakorwil FKBN DIY secara terpisah juga menyampaikan bahwa bela negara bisa dimulai dari kampus. Karena kampus dan mahasiswa memiliki peran strategis dalam penanaman nilai-nilai bela negara. Selain itu bela negara bisa diterapkan dan diamalkan sesuai peran profesi masing-masing.

Asep Susilo juga menyampaikan dengan adanya materi bela negara di kampus AKRB berharap rekan-rekan mahasiswa baru dapat memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai bela negara di kampus maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu kami mengucapkan terima kasih kepada kampus AKRB Yogyakarta dan harapan kami semoga kampus AKRB bisa lebih maju dan melahirkan mahasiswa-mahasiswi yang berpretasi dan terus sinergitas dengan FKBN DIY.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!