Semarak Hari Jadi Social Project Bali ke-4, Adakan Pengabdian Masyarakat di Panti Asuhan Elisama

PORTALBELANEGARA, Denpasar (Bali) || Memperingati puncak rangkaian hari jadi ke-4. Paguyuban Social Project Bali mengadakan agenda pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Elisama Jalan Dukuh Sari No 2, Kel/Desa Sesetan, Kec Denpasar Selatan pada hari Minggu (22/9/2024) pukul 09.00 s.d 13.00 wita. Agenda pengabdian masyarakat ini berkolaborasi dengan Organisasi Pemuda Batak Bersatu Cabang Kabupaten Badung, Jegeg Bagus Samarthya LSPR Bali, dan seluruh relawan yang tergabung di Paguyuban Social Project Bali. Acara dibuka dengan sambutan Doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Ketua Harian Social Project Bali Herdian Armandhani, sambutan perwakilan dari pihak Panti Asuhan Elisama, pemotongan tumpeng secara simbolis, dan penyerahan donasi sembako.

Paguyuban Social Project Bali dalam acara ini menyalurkan donasi dari dermawan berupa sembako,dana tunai,buku bacaan, bingkisan alat tulis, dan bingkisan snack.

Dalam agenda ini relawan dari Kisara PKBI Bali memberikan edukasi mengenai materi anti perundungan dan cara mencegah perundungan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah. Salah seorang relawan Paguyuban Social Project Bali I Putu Agus Gotawa menunjukan kebolehannya Ventrilokuisme (sulap suara) menghibur adik-adik di Panti Asuhan yang berjumlah 30 anak dengan membawa boneka yang telah disiapkan. Anak-anak Panti Asuhan Elisama sangat terhibur dengan atraksi ini.

Adik-adik juga diajak games untuk memeriahkan suasana dan mengakrabkan diri dengan kakak-kakak relawan. Kuis seputar wawasan kebangsaan menjadi rebutan unjuk tangan adik-adik panti asuhan Elisama karena para pemenang mendapatkan bingkisan buku tulis dan Buku Bacaan dari Toko Buku Gramedia.

Puncak acara Hari Jadi Paguyuban Social Project Bali ke-4 dilakukan sesi pelantikan pengurus baru yang ditandai pembacaan Surat Keputusan oleh Ketua Umum Social Project Bali I Gusti Putu Arya Utama.

Sesi terakhir,adik-adik Panti Asuhan Elisama yang berusia dibawah 10 tahun unjuk bakat menari modern dengan iringan musik. Sebelum acara usai, para relawan membagikan bingkisan ke semua anak panti dan relawan.

Ketua Panitia Hari Jadi Paguyuban Social Project Bali ke-4 Putu Indah Sekar Rosa atau akrab disapa Sekar menceritakan pengalamannya dalam mempersiapkan rangkaian acara pengabdian sosial.

“Rangkaian HUT mulai dari Beach Clean Up di pantai padang galak sekaligus memperingati World Clean Up Day, lalu ada edukasi pemilihan sampah, penanaman pohon, penebaran benih ikan, penuangan eco enzyme dan clean up kolaborasi bersama Desa Jagapati di SDN 1 Jagapati, lalu kami juga mengadakan pelatihan dasar public speaking dan awareness stunting secara online dan di hari puncak kami mengadakan berbagi di Panti Asuhan Elisama serta sosialisasi bullying di panti tersebut bersama Kisara.
Mengadakan HUT dengan banyak rangkaian agar mencapai misi dari sosial project bali yaitu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dalam bidang lingkungan sosial dan pendidikan,” ungkap gadis kelahiran Denpasar, 21 April 2004 ini.

Sekar juga merasa puas dengan agenda yang telah ia rancang.

“Saya sangat senang diberikan kepercayaan untuk menjadi ketua panitia pada HUT ke-4 ini, tidak lupa dibantu oleh teman teman relawan Social Project Bali yang lain. Tentunya dari rangkaian kegiatan kemarin misi dari sosial project bali juga terpenuhi dan yang paling penting adalah senyuman masyarakat yang kami bantu, relasi bersama komunitas lain juga kami jaga agar bersama sama membantu lingkungan sekitar. Terlebih lagi pada saat acara puncak di Panti Asuhan Elisama bukan hanya senyuman adik adik panti saja yang membuat bahagia tetapi juga para relawan dan panitia yang dengan suka rela membantu kegiatan tersebut bahagia.Semoga social project bali bisa terus berkembang mengukir senyuman masyarakat dan membangun jiwa relawan yang bijak,” tutur dara yang aktif di Unit Penalaran dan Jurnalistik Universitas Warmadewa dan Duta Damai Bali.

Dilokasi kegiatan Ketua Umum Paguyuban Social Project Bali terpilih Herdian Armandhani atau akrab disapa Dhani menjelaskan bahwa rangkaian Hari Jadi Social Project tidak hanya sekedar perayaan dan seremonial saja tetapi bisa membawa kebaikan bagi masyarakat.

“Semoga rangkaian HUT Paguyuban Social Project Bali bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat sesuai fokus pengabdian kita meliputi sosial kemanusiaan, pendidikan dan lingkungan,” tegas pemuda yang aktif di Komunitas Trash Hero Chapter Renon ini.

Sementara itu, Dewan Pengawas Paguyuban Social Project Bali I Gusti Putu Arya Utama berharap dengan dilantiknya pengurus yang baru bisa amanah untuk melanjutkan perjuangan.

“Harapan semoga kepengurusan Social Project Bali yang baru dapat amanah dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas untuk melanjutkan perjuangan dan lebih berdampak positif dalam pengabdian masyarakat,” ujar alumnus Fakultas Hukum Universitas Ngurah Rai ini. (Herdian Armandani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!