Tindaklanjuti Kunjungan Dinas ESDM Prov. Jawa Barat, Pengurus DPC APRI Dan CRM Se-Kab. Sukabumi Gelar Musyawarah

PORTALBELANEGARA.COM, Kab. Sukabumi – Dalam rangka menindaklanjuti kedatangan pihak Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (DPC APRI) Kabupaten Sukabumi, menggelar acara musyawarah dengan pengurus inti Collective Responsible Mining (CRM) se-Kabupaten Sukabumi, bertempat di Kp Ciletuh, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Kamis (10/10/2019).

Dalam acara tersebut tema yang dibahas berkaitan dengan pengajuan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR), Sistem Manajemen Kinerja, serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi para penambang di seluruh CRM yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Wakil Ketua DPC APRI Kabupaten Sukabumi Daud Munawar dalam pemaparannya menegaskan bahwa, “Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Alat Perlindungan Diri (APD) harus menjadi bagian dari budaya dan etos kerja menjadi wajib statusnya bagi setiap penambang,” tegasnya.

Dalam hal tersebut Daud menyampaikan, “salah satu elemen atau unsur kelembagaan yang bisa memberhentikan atau menutup kegiatan penambangan adalah safety, apalagi menghadapi musim penghujan banyak kemungkinan terjadinya pergeseran tanah,” terangnya.

Menurut Daud, hal-hal yang harus diperhatikan oleh para pengurus di CRM dan para penambang berkaitan dengan K3 ini diantaranya, Pasangan lubang, Pemasangan empat titik tumpu (2 titik untuk pegangan tangan dan 2 titik untuk pijakan kaki), dan diharapkan di setiap CRM yang berhubungan dengan APD harus disediakan.

“Saya berharap kepada setiap pengurus CRM harus menyediakan dan menggunakan APD diantaranya Helm, Sepatu Pengaman, dan Masker dengan tujuan utama mencapai zero accident, sehingga dengan begitu seluruh kegiatan penambangan dapat berjalan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, selain itu dalam implementasi perbaikan akan berkesinambungan dari sistem manajemen dan kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC APRI Kabupaten Sukabumi Cecep Taryana S menyampaikan bahwa, ” berkaitan dalam pengajuan WPR ini tidak semudah apa yang kita bayangkan,” ujarnya.

Cecep menambahkan, ” bahwa dalam hal ini diharapkan antara CRM dan para ketua CRM harus sinergi, solid dan bersama-sama walaupun disesuaikan dengan kapasitas masing-masing. Karena persoalan besar yang kita hadapi tidak bisa diselesaikan oleh perorangan,” pungkas Cecep.

Jurnalis : Asep Suparman
Email redaksi : redaksi@portalbelanegara.com

Kusnadi, S.Pd

Kusnadi, S.Pd

Berusaha untuk memberikan informasi dengan mengutamakan kecepatan dan kedalaman suatu berita secara berimbang, sehingga dapat memberikan pencerahan yang cerdas kepada para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *