Rencana Aksi Konservasi Tanah dan Air Kabupaten Garut, Gelar Sapu Bersih Sampah Sungai Ciharus, Desa Girijaya

PORTALBELANEGARA.COM, Garut – Rencana Aksi Konservasi Tanah dan Air Kabupaten Garut pada Jumat ini mengadakan Gotong Royong Jumat Bersih dengan Kegiatan Sapu Bersih Sampah Sungai Ciharus Desa Girijaya Cikajang. Tepatnya aksi bersih-bersih sampah sungai dan penanaman pohon tersebut di laksanakan di sungai Ciharus Rw 03 dan Rw 09 desa Girijaya Kecamatan Cikajang. Jum’at (06/12/2019)

Aksi bersih-bersih tersebut di hadiri oleh Forkompimcam Cikajang, Camat Cikajang Rahmat Alamsyah S.Sos., beserta jajarannya, Kapolsek Cikajang Iptu H Amat Rahmat,Kepala UPT PUPR Cikajang Mulyadi, S.Ip., serta kades Girijaya Dada Armada dan Ketua Yayasan Citra Bina Bangsa Uun Frinawaty, A.KS., S.Sos.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan bersih bersih sungai dan penanaman pohon bersama dengan pihak NGO tujuannya adalah memotivasi khusus warga Girijaya untuk mulai peduli pada pembersihan sungai. Kegiatan ini secara simbolis penanaman pohon sekitar 1000 pohon di bantaran aliran sungai Ciharus, karna sungai Ciharus merupakan sungai penyangga sungai Cimanuk,” papar Dada Armada Kades Girijaya.

“Kegiatan ini meliputi 2 RW. RW 03 dan RW 09, sepanjang 1,8 km dan diikuti oleh sekitar 100 orang warga masyarakat desa Girijaya ikut serta dalam kegiatan ini,” kata Dada.

Sementara Camat Cikajang Rahmat Alamsyah, S.Sos., mengatakan kepada Portal Bela Negara, “kegiatan penghijauan plus gerakan kerja bakti membersihkan hulu sungai Ciharus sesuai dengan instruksi pak Bupati Garut sebagai antisipasi pengurangan resiko bencana, kaitan dengan datang nya musim penghujan agar tidak terjadi banjir, longsor dan kebersihan lingkungan khusus nya aliran sungai,” katanya.

“Alhamdulilah bersama dengan unsur Forkompimcam Kapolsek, Danramil, Kades Girijaya, RT, RW, masyarakat serta Yayaan Citra Bina Bangsa, dan gerakan bersama-sama ini di dukung Dinas PUPR Kabupaten Garut yang di hadiri oleh UPT serta staf nya, termasuk kamipun di kecamatan menggerakan seluruh komponen para Kasie serta staff di kecamatan dan menurunkan armada kebersihannya,” lanjut Rahmat.

Dikatakannya lagi, “Selama 2 bulan kami gotong royong bahu membahu dengan seluruh elemen masyarakat kecamatan Cikajang melaksanakan Aksi Konservasi Tanah dan Air, mulai dari desa Mekarjaya, Mekarsari dan hari ini melaksanakan Jumsih di desa Girijaya.
Mudah-mudahan gerakan ini di tindak lanjuti oleh masyarakat. Selain untuk menjaga sanitasi lingkungan, memang kegiatan ini sangat menunjang untuk peningkatan kesehatan masyarakat,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Uun Frinawaty selaku ketua Yayasan Citra Bina Bangsa bahwa, “kegiatan ini merupakan kegiatan peduli lingkungan, sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan dan sumber daya air,” katanya.

“Sungai merupakan salah satu sumber air dan kehidupan bagi warga sekitar, sehingga diharapkan melalui Aksi Sapu Bersih Sampah Sungai ini akan memberikan motivasi dan kesadaran kepada masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan,” lanjut Uun.

Lebih jauh Uun mengatakan, “dengan kegiatan ini akan mampu menumbuhkan dan menghidupkan kembali Semangat Gotong Royong di masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan dilanjutkan secara rutin oleh masyarakat setempat. Sehingga masyarakat tumbuh kesadaran bahwa jika masyarakat menjaga dan melestarikan alam, maka alam pun akan menjaga masyarakat. Semoga semangat dan kesadaran pelastarian tumbuh Dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat,” pungkasnya. (Bilal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *