Pesta Demokrasi Sekolah, Pemilihan Ketua OSIS dan Ketua MPK SMAN 2 Kota Sukabumi

PORTALBELANEGARA.COM, Kota Sukabumi – SMAN 2 Kota Sukabumi menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2019-2020 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu). Kegiatan yang digelar di aula sekolah tersebut tujuannya adalah untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa. Rabu (09/10/2019)

Pesta demokrasi tingkat sekolah ini dihelat oleh MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas) semacam lembaga parlemen tingkat sekolah SMAN 2 Kota Sukabumi. Pesta demokrasi tingkat sekolah tersebut mengusung tema “Demokrasi Hebat, Pemimpin Smart”

Pesta Demokrasi Sekolah dibuka langsung oleh Kepala Sekolah Ceng Mamad, S.Pd.,M.Pd./Foto: Istimewa

Pemilihan ketua OSIS dan MPK melalui tiga tahap, Pertama, tahapan pencarian calon-calon melalui wawancara, uji kelayakan dan tes publik speaking. Kedua, tahapan kampanye melalui pemaparan visi misi kandidat melalui berbagai media dan debat terbuka. Ketiga, tahapan pemilihan langsung melalui sistem berbasis digital dengan sistem e-Voting dan langsung pengumuman pemenang.

Kepala Sekolah SMAN 2 Kota Sukabumi Ceng Mamad, S.Pd.,M.Pd., saat membuka perhelatan pemilihan Ketua OSIS dan MPK menyampaikan bahwa sekolah harus menjadi tempat awal belajar demokrasi. Karena siswa siswa ini merupakan calon pemimpin masa depan.

Antusias Siswa dalam mengikuti Pesta Demokrasi Sekolah / Foto : Istimewa

“Sekolah harus menjadi tempat awal belajar berdemokrasi, karena mungkin dari siswa kita akan lahir pemimpin-pemimpin masa depan,” ucapnya.

“Hal ini merupakan bentuk pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa,” katanya.

Kepala sekolah beserta guru-guru pada saat melakukan voting di bilik suara / Foto : Istimewa

Willi Farhani, selaku Humas SMAN 2 Kota Sukabumi saat dihubungi redaksi Portal Bela Negara menyampaikan bahwa jumlah pemilih dalam perhelatan pesta demokrasi sekolah tersebut mencapai 1250 orang, dari seluruh warga sekolah dari mulai guru, TU, siswa dan penjaga sekolah.

“Antusias Kepala sekolah, siswa-siswi, guru-guru, tenaga administrasi, tak ketinggalan tenaga keamanan dan penjaga sekolah mengantri berjajar rapi,” terang Willi.

“Pemilihan Ketua OSIS dan MPK di SMAN 2 berlangsung meriah, KPU SMANDA memfasilitasi pemilihan dengan menggunakan teknologi berbasis digital dengan sistem e-Voting. Mental demokrasi berawal di sini, di lingkungan sekolah kita berusaha mewujudkan pemimpin yang dipercaya dan kredibel dengan aman dan damai tentunya. Salam Demokrasi dari SMANDA HEBAT,” pungkas Humas SMAN 2 Kota Sukabumi tersebut. (Cepi Gantina)

Kusnadi, S.Pd

Kusnadi, S.Pd

Berusaha untuk memberikan informasi dengan mengutamakan kecepatan dan kedalaman suatu berita secara berimbang, sehingga dapat memberikan pencerahan yang cerdas kepada para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *