Musrenbang Desa Langkapjaya Menjadi Tempat Interaksi Dan Berdiskusi

PORTALBELANEGARA.COM, Kab. Sukabumi – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) merupakan agenda tahunan untuk semua desa, masyarakat bisa bersilaturahmi saling bertemu untuk berdiskusi tentang masalah yang mereka hadapi, selain itu juga untuk memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Pada saat prioritas tersebut telah tersusun, kemudian diusulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi.

Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Langkapjaya, Kecamatan Lengkong Kabupaten Sukabumi melaksanakan rapat Musrenbangdes tahun anggaran 2020 dan DU RKPDesa 2021 yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Langkapjaya. Rabu (09/10/2019).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Camat Kecamatan Lengkong yang diwakili oleh Sekretaris Camat A. Mulyana, Kapolsek Lengkong AKP Dikdik Sardadi, Danramil Kecamatan Lengkong, diwakili Babinsa Langkapjaya Sertu Rahmat Hamla, Kepala Desa Langkapjaya Mimin Mintarsih, Ketua BPD Desa Langkapjaya, Ehe Supriatna, Kepala UPTD DPPKB Kecamatan Lengkong, Habibullah,S.HI, Para Kader Posyandu, Perangkat RT/RW se-Desa Langkapjaya dan tamu undangan yang hadir kurang lebih 100 orang.

Melalui Sekretaris Kecamatan Camat Kecamatan Lengkong dalam sambutannya menyampaikan bahwa, dalam setiap tahun setiap desa harus melaksanakan musyawarah untuk perencanaan pembangunan baik fisik maupun non fisik.

“Kegiatan musyawarah ini merupakan agenda tahunan di setiap desa, dan biasanya selalu berkaitan dengan hal pembangunan infrastruktur, padahal yang berkaitan dengan pembangunan itu bukan hanya infrastruktur saja, akan tetapi pembangunan Sumber Daya Manusianya juga harus ditingkatkan,” paparnya.

Sekmat berharap, “untuk kedepannya yang berkaitan dengan pembangunan non fisik tentang Sumber Daya Manusia harus segera di pikirkan, karena pembangunan infrastruktur harus di tunjang pula dengan Sumber Daya Manusianya,” pungkasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Desa Langkapjaya, Mimin Mintarsih dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Dengan terselenggaranya Musrenbangdes ini dimaknai sebagai ruang dan kesempatan berinteraksi antar warga untuk mendiskusikan sesuatu yang berkaitan dengan proses perencanaan pembangunan desa secara partisipatif,” ujarnya.

“Alhamdulillah pembangunan pada tahun 2019 telah terlaksana dengan baik berkat dukungan seluruh masyarakat Desa Langkapjaya, serta yang belum selesai pengerjaannya semoga dapat selesai tepat waktu,” terangnya.

” Semoga apa yang telah direncanakan dan dikerjakan dapat bermanfaat bagi warga Desa Langkapjaya dan pelaksanaan pembangunan ke depan harus sesuai dengan sasaran baik fisik maupun non fisik sehingga dapat memajukan Desa Langkapjaya,” tutupnya. (Asep Suparman)

Kusnadi, S.Pd

Kusnadi, S.Pd

Berusaha untuk memberikan informasi dengan mengutamakan kecepatan dan kedalaman suatu berita secara berimbang, sehingga dapat memberikan pencerahan yang cerdas kepada para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *