Lima Kemampuan Teritorial Sebagai Bekal Babinsa Dalam Menjalankan Tugas Diwilayah

PORTALBELANEGARA.COM, Pandeglang – Keberhasilan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dilihat dari peran aktif personil babinsa tersebut di wilayah dengan menguasai geografi, Demografi serta kondisi sosial didesa binaan, ujar Kasdim Mayor Arm. Suherman saat memberikan materi pada acara Penyelenggaraan Kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Wilayah dan Kemampuan Teritorial Kodim 0601/ Pandeglang triwulan I tahun 2021 bertempat di aula Makodim, Rabu (17/03).

Kegiatan pembinaan Apkowil dilaksanakan agar para Babinsa memiliki kesamaan dalam bertindak untuk menjalankan tugas pembinaan dan pemberdayaan potensi wilayah pertahanan aspek darat diwilayah jajaran kodim 0601/Pandeglang dapat dapat berjalan dengan baik.

“Kerja sama yang baik antara Apkowil dengan segenap komponen bangsa merupakan kunci keberhasilan para Babinsa dalam menjalankan tugasnya, jalin terus komunikasi yang baik dengan menerapkan 5 (lima) Kemampuan Teritorial,” ujar Kasdim.

Sementara itu Kapten Inf. Mane selaku perwira Seksi Teritorial Kodim 0601/ Pandeglang menjelaskan, sebagai aparat teritorial, harus menguasai lima kemampuan teritorial dan meningkatkan kemampuan pribadi dalam melaksanakan tugas. “Oleh karena itu, tingkatkan kemampuan masing-masing individu dengan lima kemampuan teritorial. Membina wilayah diperlukan motivasi, dan kepedulian dalam menguasai wilayah tanggung jawabnya,” jelasnya.

Ia berharap, Babinsa harus bisa menguasai geografi, demografi, serta kodisi sosial di wilayah tugasnya. “Babinsa sebagai ujung tombak. Oleh karena itu, babinsa harus menguasai geografi, demografi dan kondisi sosial di wilayahnya,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!