Babinsa Langkapjaya Koramil 2209/Lengkong Melaksanakan Puldata Teritorial Di Wilayah Desa Binaan

Kab.Sukabumi – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 2209/Lengkong jajaran Kodim 0622/Sukabumi, Sertu Rahmat Hamla melaksanakan Puldata Ter dalam rangka mendata potensi wilayah khususnya Geografi, Demografi dan Komsos yang dilaksanakan bertempat di Lingkungan Desa Langkapjaya Kecamatan Lengkong Kabupaten Sukabumi. Selasa (03/12).

Pada kesempatan tersebut Sertu Hamla sebagai Babinsa Koramil 2209/Lengkong jajaran Kodim 0622/Sukabumi selalu memperbarui datanya dengan melaksanakan Komsos, mendatangi kantor desa di Lingkungan Desa Langkapjaya, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi.

Menurut Sertu Hamla, pengumpulan data teritorial itu adalah tugas rutin yang harus dilaksanakan diantaranya dalam rangka upaya pencegahan konflik dan memberikan rasa aman di wilayah Langkapjaya. Hal itu juga untuk untuk mengetahui secara dini tentang perkembangan situasi seperti dibidang kesehatan dan keamanan lingkungan.

“Pelaksanaan Pul Data Ter ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan oleh Babinsa untuk mengetahui perkembangan situasi wilayah binaan sekaligus untuk mempererat hubungan antara Babinsa dengan warga binaan,” ungkap Hamla.

Selain itu dikatakannya, “kegiatan ini juga dapat memupuk hubungan yang lebih erat dengan warga agar dapat saling komunikasi sosial dengan anggota masyarakat untuk mempererat tali silaturahmi dan kerjasama yang baik dalam rangka mendukung tugas pokok Babinsa agar dapat mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” ujarnya.

Seorang Babinsa harus memberi arahan kepada warganya, agar saling bertanggung jawab dalam keamanan lingkungan sekitar, dalam setiap kesempatan harus selalu mengingatkan kepada perangkat desa dan masyarakat agar selalu waspada salah satunya dengan cara mendata tamu yang datang.

Dia mengaku, kegiatan tersebut merupakan salah satu metode Binter TNI AD yang dapat dilaksanakan secara teratur untuk mencapai tujuan komunikasi sosial sesuai dengan yang diharapkan.

Sertu Hamla menjelaskan, kegiatan Pul Data Ter tersebut, “Babinsa harus dapat mempelajari serta menafsirkan situasi apapun yang akan dihadapi, Juga dapat beradaptasi serta mengatasi masalah yang sedang terjadi,” jelasnya.

Diakhir Hamla mengatakan bahwa, “salah satu tujuan Pul Data Ter adalah terbentuknya suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai-nilai lama dan baru di masyarakat sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran masyarakat,” pungkas Hamla. (ASP)

Asep Suparman

Asep Suparman

Berusaha untuk memberikan informasi dengan mengutamakan kecepatan dan kedalaman suatu berita secara berimbang, sehingga dapat memberikan pencerahan yang cerdas kepada para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *